23 Maret 2010

Jambu Biji Yang Menjanjikan


TEMANGGUNG, Menanam jambu biji kini cukup menjanjikan. Selain pemasarannya mudah, pohon jambu biji mudah dirawat dan dapat hidup hampir di semua wilayah. Produktifitas jambu biji ini punu cukup tinggi karena pohon ini tak pernah mengenal lelah untuk memproduksi buah. Selain itu dalam musim apapun buah jambu biji tetap keluar.

Sukardi (64) salah satu petani jambu biji Dusun Tembelang, Bejen, sudah hampir tiga tahun menanam jambu biji. Lahan seluas setengah hektar yang berada disamping rumahnya itu ia tanami pohon jambu biji dengan jarak tanam tiga meter. Awalnya ia menanam bibit cangkokan yang didatangkan dari Desa Bejen. Namun tidak beberapa lama pohon jambu sudah berbunga dan mulai berbuah. Sukardi menuturkan, menanam jambu biji disamping mudah merawatnya juga hasilnya cukup lumayan. Untuk pohon yang sudah besar, umur tiga tahun seperti miliknya, mampu menghasilkan buah satu kwintal dalam satu kali bunga.
“Dalam satu tahun pohon jambu biji mampu berbunga sebanyak lima kali dan tidak pernah berhenti baik dalam musim apapun,” terangnya.
Dalam setiap minggunya ia memanen dua kali. Buah yang ia panen setelah berukuran besar dan sudah mulai matang. Ciri-cirinya dapat dilihat dari warna kulit yang semakin cerah, hijau kekuning-kuningan.

Yang perlu diperhatikan, tambah Sukardi, setiap tiga bulan sekali pohon diberi pupuk kandang agar tanah tetap subur dan dapat mensuplay makanan. Dengan demikian buah akan cepat berkembang dan cepat besar.

Selain itu yang juga perlu diwaspadai adalah adanya serangan hama lalat. Hama ini biasanya makan buah yang masih kecil dan jika dibiarkan maka buah pada saat matang akan keluar ulatnya. Kondisi seperti ini yang membuat jambu biji tidak laku. Untuk mengantisipasinya dilakukan pembungkusan dengan plastik sejak pohon mulai berbuah.

Cara ini dapat dilakukan dengan menyiapkan plastik dan dibungkuskan pada buah yang sudah mulai besar. Satu buah jambu dibungkus dengan satu plastik. Adapun ukuran plastik disesuaikan dengan ukuran buah jambu pada saat besar nantinya. Biasanya yang paling pas adalah ukuran plastik satu kilo dan plastik tidak perlu dilubangi agar tetap rapat.

Untuk pemasaran jambu biji ini sangat mudah. Biasanya jambu milik Sukardi ini sudah didatangi tengkulak yang sudah menjadi langganannya. Oleh tengkulak ini buah jambu dipasarkan di pasar buah atau untuk konsumen lainnya. Dalam jumlah banyak, buah jambu biji ini biasanya dijadikan bahan untuk pembuatan jus jambu. Selain rasanya yang enak dan khas, jus jambu juga berguna untuk mengobati penyakit demam berdarah. (dikutip dari http://www.temanggungkab.go.id )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar