7 April 2018

Desa Gambasan "Desa Santri"

Bicara tentang desa, pasti terbayang dibenak kita tentang hawa yang sejuk, rindangnya pepohonan, gemericik air sungai, hijaunya persawahan ,ramahnya warga, budaya yang unik, makanan yang aneh menurut kita karena baru menemuinya, dll. Pemandangan ini sudah sangat kental dengan suasana pedesaan. Namun yang menjadi nilai plus bagi desa Gambasan Kecamatan Selopampang Kab. Temanggung adalah “Desa Santri” yang sedang akan dicanangkannya.

Salah satu alasan Desa Gambasan akan di canangkan menjadi Desa Santri karena di desa Gambasan masyarakatnya yang relegius. Setiap bulannya kegiatan keislaman sangatlah terasa dirasakan : Seperti Mujahadah di setiap RT, qur’anan, Pengajian Kitab kuning, selapanan Maulid,  Ziarah Aulia, Manakiban yasinan Mingguan dll. Selain itu di Desa Gambasan sudah berdiri Taman Belajar Al-Qur’an di masing-masing RT. 

Pondok Pesantren juga kegiatan keorganisasian kepemudaan yang cukup maju dan mewarnai di tingat kabupaten seperti Ikatan Pelajar Putra Nahdlatul Ulama (IPNU), Iklatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), Gerakan Pemuda Ansor, Banser, Grup Rebana di Masing-masing RT, Seni Angklung Islami Jagad Nusantara dll. Atas banyaknya kegiatan yang berbalut kegiatan ke-Islaman tersebut menjadikan adanya inisiatif dari Tokoh Agama dan pemuda Desa Gambasan untuk berinisiasi mem”branding”kan Desa Gambasan Sebagai “Desa Santri” dengan harapan dapat memupuk warga desa terutama para penerus pemuda-pemudi Gambasan agar senantiasa berjiwa Santri seperti perkataan K.H Mustofa Bisri. “Santri bukan hanya yang di Pondok saja, tetapi siapa saja yang ber Akhlak Santri, maka ia adalah santri”.

Upaya ini akan diawali dengan mengadakan “Ngaji Jurnalistik” yang rencana akan diadakan tanggal 14  -15 April 2018  sebagai langkah awal bagi pemuda desa agar melek media dan dapat mengabarkan kepada khalayak tentang kemajuan desanya. Dengan pelatihan ini semoga ke depannya desa Gambasan menjadi desa yang benar-benar memiliki iklim ke-santri-an dalam segala hal. (EmEnHa).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar